Tips atau cara untuk menghilangkan stress bagi diri kita


Baca Juga



Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh hayy gaes kali ini saya akan membahas  bagaimana agar kita bisa menghilangkan strees atau bisa juga di sebut beban bagi diri dan tubuh kita namun perlu di ketahui hal ini sangat merugikan bila kita teruss stres dan tidak hilang hilang okeyy kali ini lihat cara dan penjelasan di bawah ini .................

Stres adalah penyakit yang dapat mempengaruhi fisik maupun mental yang bisa dialami oleh hampir setiap orang dari berbagai golongan.

Kita menyadari bahwa stres sebagian besarnya disebabkan karena faktor pekerjaan, lingkungan, dan situasi yang kita hadapi



Saat ini, persaingan dalam bidang industri dan pekerjaan semakin ketat dan meningkat. Hal tersebut memaksa banyak pengusaha maupun karyawan untuk bekerja lebih giat, bekerja dengan waktu yang lebih panjang, dan yang menempatkan mereka di bawah tekanan.

Disamping itu, gaya hidup yang kita jalani juga bisa memicu stres terutama apabila kita tidak rajin berolahraga, sering mengkonsumsi makanan tidak sehat, jarang beristirahat, atau karena menjalani gaya hidup mewah kita pun kelimpungan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sehingga dapat juga menyebabkan stress.

Beberapa penyebab stres

Selain beberapa faktor penyebab stres yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak faktor penyebab stres yang lainnya yang mungkin kita alami. Karena setiap orang akan mengalami stres karena faktor yang berbeda-beda. Misalnya berlebihan dalam menyikapi suatu permasalahan.



Namun selain itu, kadang-kadang ada orang yang bisa stres juga disebabkan karena faktor eksternal seperti, karena ketakutan.

Apabila tidak ditangani dengan benar atau apabila seseorang mengalami stres dalam jangka panjang, beberapa kondisi kesehatannya bisa terganggu. Dan berikut adalah beberapa kerugian apabila seseorang mengalami stres berkepanjangan.

Bagi kamu yang mungkin mengalami salah satu gejala diatas, ada baiknya kamu mengetahui berbagai cara menghilangkan stres pikiran. Jika kamu malu untuk menemui ahli atau malu pergi ke pusat-pusat terapi stres, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Berolahraga
Olahraga adalah cara paling mudah dan paling murah untuk mengurangi stres atau menghilangkan stres pikiran.

Menurut ahli kesehatan, olahraga bisa mempengaruhi hormon yang akan merubah mood kita menjadi lebih baik. Aktif bergerak atau berolahraga juga sangat menguntungkan untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

2. Berbagi Beban atau Sharing dengan Orang Lain
Sharing atau yang kita kenal dengan istilah curhat adalah salah satu cara untuk mengurangi beban yang kita alami.

Dengan menceritakan berbagai keluh kesah yang kita miliki kepada orang lain, hal tersebut akan membantu mengurangi beban yang kita rasakan. Dan terkadang, beberapa orang yang kita ajak sering sering kali bisa memberikan solusi yang tepat.

3. Berliburlah
Pekerjaan yang berat, sulit dan tidak menyenangkan seringkali menyebabkan kita mudah mengalami stres. Itulah sebabnya mengapa liburan dengan pergi rekreasi atau melakukan traveling sangat diperlukan.

Bahkan saat ini sudah ada perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk mengambil liburan atau cuti liburan. Hal tersebut tidak lepas dari tingginya tingkat stres yang dialami oleh karyawan saat ini.

4. Me Time
Dalam kesibukan kita sehari-hari, kita membutuhkan waktu untuk bersosialisasi, untuk rileks atau santai atau untuk menikmati apapun yang kita sukai seperti hobi. Ini adalah obat stres sekaligus cara untuk menanggulangi stress.

5. Hindari Kebiasaan tidak Sehat
Ada banyak orang yang berusaha lari dari kenyataan atau lari dari masalah dengan menggunakan atau memanfaatkan beberapa hal yang justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Misalnya, seseorang yang mengalami stres bisa mengandalkan alkohol, obat-obatan terlarang, merokok, atau ada juga yang mencoba menanggulangi stres dengan kafein. Hal tersebut sebagiannya hukumnya haram, dan tidak dalam jangka panjang tidak baik bagi kesehatan.

6. Membantu Orang Lain
Dalam berbagai penelitian ditemukan bahwa, orang yang cenderung suka membantu orang lain, misalnya melalui kegiatan seperti menjadi relawan, dll, ternyata merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi stres. 

Hal-hal sederhana seperti membantu orang menyeberang dijalan, membuatkan kopi untuk rekan-rekan, atau melakukan tidakan sepele lainnya ternyata dapat memunculkan perasaan bahagia di dalam diri kita.

7. Bekerjalah dengan Cerdas, Bukan Sekadar Bekerja Keras
Kerja keras yang tak proporsional seringkali menyebabkan kita mudah lelah dan cepat mengalami stres.Untuk menghadapi pekerjaan yang panjang, banyak, dan melelahkan, kita harus pandai-pandai ‘memutar’ otak. Bekerja dengan cerdas misalnya dengan memprioritaskan pekerjaan tertentu dan meninggalkan pekerjaan-pekerjaan yang tidak penting atau kegiatan-kegiatan yang sama sekali tidak penting akan membuat kegiatan sehari-hari yang kita jalani lebih ringan. Atau mengurangi beban otak dengan rajin mencatat, dll.

8. Berpikir Positif
Berpikir positif adalah cara lain untuk mengatasi stress pikiran. Berfikir positif termasuk juga berprasangka baik dan pandai bersyukur akan membantu kita terhindar dari stres.

Sekian terima kasih atas kunjungan di blog saya semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadikan anda dan saya jadi lebih baik ke depan agar tidak stress maksudnya ...sekian Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


EmoticonEmoticon